-->

Cara Mempercepat Browsing Internet

Browser merupakan salah satu media yang sangat vital untuk terhubung ke dunia internet. Jika internet diibaratkan sebuah ruang perpustakaan besar dengan koleksi ribuan buku, maka browser adalah pintu masuk perpustakaan itu. Pintu itu harus selalu dirawat agar setiap membuka perpustakaan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Mungkin diberi pelumas pada engselnya atau mengganti bahan pintu dengan yang baru. Begitu juga dengan browser, meski tampak sederhana tapi di dalamnya tersusun atas banyak teknologi yang membuat browsing menjadi cepat, aman dan lancar. Jika browser tidak dirawat bisa menyebabkan proses browsing menjadi terkendala bahkan bisa menyebabkan hang pada komputer yang Anda gunakan.

Jika Anda orang yang menghabiskan cukup banyak waktu di internet, tentu Anda bisa memahami betapa stres dan frustasi ketika terjadi kelambatan dalam browsing. Penyebab kelambatan bervariasi dan mungkin bukan karena browser yang ‘tidak dirawat’ tapi terkait masalah ISP (Internet Service Provider) dan hardware komputer yang digunakan, terutama RAM.

Pengaturan pada browser memang tidak serta merta menyebabkan konektivitas internet meningkat drastis dan mengejutkan. Untuk meningkatkan kecepatan yang signifikan, tentu Anda harus beralih ke ISP yang lebih cepat dan menggunakan hardware komputer yang lebih mumpuni. Cara mempercepat browsing internet yang saya ulas di sini hanya membuat browsing menjadi lebih mulus, bukan membuat ‘Metromini melaju seperti Ferari’.

Jangan terlalu banyak tab
Berbagai browser terbaru memang menyediakan fasilitas multitab untuk mempermudah penggunanya melakukan browsing. Tapi semakin banyak tab yang dibuka menyebabkan memori (RAM) yang ‘dimakan’ lebih besar karena setiap membuka tab baru akan mengambil memori sendiri. Ketika RAM sudah melebihi kapasitas penggunaan, komputer akan menjadi hang, akibatnya bukan hanya browsing yang terganggu, tapi juga aktivitas komputer yang lainnya.

Solusinya, Anda tidak harus membuka setiap halaman pada tab yang baru tapi cukup menggunakan tab yang sama. Ketika akan kembali ke halaman sebelumnya, klik saja tombol Back pada browser. Itulah mengapa beberapa browser, seperti Firefox, menyediakan tombol back yang lebih besar daripada forward. Tujuannya agar lebih mudah kembali ke halaman sebelumnya tanpa risiko kebocoran RAM. Ketika memang benar-benar membutuhkan banyak tab, Anda bisa menggunakan bookmark. Sehingga setelah tab ditutup, Anda bisa membukanya kembali dengan mudah.

Cara Mempercepat Browser Internet - kurangi tab
Tombol Back dibuat lebih besar untuk mempermudah kembali ke halaman sebelumnya
Jangan terlalu banyak Add-ons dan extension
Plugins pada browser memang dibutuhkan untuk mempermudah browsing. Firefox menyebutnya Add-ons, Chrome menyebutnya extension, browser yang lain memiliki istilah sendiri. Namun terlalu banyak plugins juga membuat penggunaan memori semakin besar. Buang saja plugin yang tidak terlalu penting, misalnya plugin cuaca, pengubah warna tab atau tema browser tambahan yang terlalu banyak.

Cara Mempercepat Browser Internet - hapus plugins
Halaman plugins pada Firefox
Hapus cache dan history browsing
Pada dasarnya, cache dan history browsing berguna untuk mempercepat loading browser. Cara kerjanya dengan menyimpan halaman web dengan berbagai isinya pada komputer, sehingga ketika membuka halaman yang sama tidak perlu melalui proses download lagi. Namun semakin besar ukuran cache justru membuat web browser membutuhkan waktu lebih lama untuk memunculkan halaman dan gambar-gambar yang tepat.

Untuk menghapus cache dan history browsing pada Firefox, Anda bisa menuju menu Option, kemudian pada tab Privacy Anda bisa melakukan pengaturan cache dan history, termasuk menghapusnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan juga tool gratis untuk menghapus cache dan history browser, misalnya CCleaner dan Glary Utilities.

Cara Mempercepat Browser Internet - hapus cache dan history
Menu pengaturan cache dan history browsing pada Firefox
Update browser
Sebaiknya selalu gunakan browser yang paling update agar proses browsing menjadi lebih lancar. Browser yang ‘ketinggalan zaman’ biasanya banyak terdapat bug dan kadang tidak kompatibel dengan kode HTML/CSS yang lebih modern, sehingga bisa menyebabkan kendala saat berselancar di dunia internet. Update browser bisa dilakukan otomatis maupun manual.

Gunakan aplikasi browser terbaik
Pilihan software browser internet yang digunakan memang sesuai selera masing-masing pengguna. Seperti saya lebih senang menggunakan Firefox, meskipun aplikasi browser yang lain juga terinstall pada komputer saya. Namun selain pertimbangan selera, ada baiknya Anda memilih browser yang paling bagus, aman, dan cepat secara objektif. Hasil pengujian Topten Reviews tentang perbandingan software browser internet tahun 2013 menempatkan 5 browser terbaik di dunia adalah : Chrome, Firefox, Internet Explorer, Opera, dan Safari. Hasil pengujian itu bisa menjadi acuan memilih browser internet yang terbaik. Apa pilihan Anda?

Itulah ulasan mengenai Cara Mempercepat Browsing Internet. Saya mengadaptasi artikel ini dari majalah PCMedia edisi 06/2013. Bagaimana cara mempercepat download?
LihatTutupKomentar

10 Komentar

Cancel