-->

Mengembalikan File yang Terhapus dengan MiniTool Power Data Recovery Free Edition

Para pengguna komputer yang menyimpan data-data penting pada harddisk ataupun media penyimpanan portable seperti flashdisk ataupun memory card memiliki risiko kehilangan data-data penting tersebut. Kehilangan tersebut bisa disebabkan karena human error, seperti tidak sengaja menghapus data atau memformat media penyimpanan. Bisa juga disebabkan oleh kesalahan software, serangan virus atau bahkan kerusakan fisik media tersebut. Ketika data-data yang hilang adalah file yang sangat penting, maka langkah pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan recovery.

Seperti yang kita tahu, bahwa menghapus file dari harddisk, bukan berarti menghapus selamanya dari sistem memori harddisk tersebut. Segala kemungkinan masih bisa dilakukan untuk mengembalikan data yang telah terhapus. Salah satunya adalah menggunakan software data recovery. Ada banyak sekali aplikasi data recovery yang bisa digunakan, baik yang gratis maupun yang berbayar. Namun jika Anda menginginkan yang gratis dan cukup bagus, MiniTool Power Data Recovery Free Edition bisa menjadi pertimbangan pertama.

Fitur MiniTool Power Data Recovery Free Edition
MiniTool Power Data Recovery Free Edition dibekali dengan 5 fungsi utama yaitu:

  1. Undelete Recovery, untuk mengembalikan file yang terhapus secara sengaja atau tidak sengaja meskipun file tersebut sudah terhapus dari Recycle Bin.

  1. Damaged Partition Recovery, untuk mengembalikan data dari partisi yang telah diformat, partisi yang rusak, partisi RAW, atau partisi yang minta diformat oleh Windows.
  2. Lost Partition Recovery, untuk mengembalikan data dari partisi yang telah dihapus atau partisi yang hilang
  3. Digital Media Recovery, khusus untuk mengembalikan data-data digital seperti gambar/foto, audio dan video.
  4. CD/DVD Recovery, untuk mengembalikan data yang terhapus dari CD/DVD termasuk me-recovery data dari CD/DVD yang rusak karena tergores.

Kelebihan MiniTool Power Data Recovery Free Edition
  1. Gratis dan mudah digunakan.
  2. Ukuran kecil, hanya 9 MB, sehingga tidak terlalu memakan ruang harddisk.
  3. Dilengkapi fitur CD/DVD recovery di mana fitur ini jarang sekali disediakan oleh aplikasi gratis yang sejenis.
  4. Mendukung hampir semua versi Windows, meliputi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows Server 2000, Windows Server 2003, Windows Server 2008, dan Windows Server 2012.
  5. Mendukung semua system file Windows, seperti FAT12, FAT16, FAT32, and NTFS.
  6. Mendukung media penyimpanan berupa magnetic storage devices dan optical storage devices.
Kekurangan MiniTool Power Data Recovery Free Edition
  1. Kapasitas data recovery hanya 1 GB
  2. Fitur “Load Previous Result” tidak diaktifkan
  3. Hanya boleh digunakan untuk kepentingan nonkomersial.
Namun demikian, MiniTool Power Data Recovery Free Edition merupakan aplikasi gratis yang terbaik untuk mengembalikan data yang terhapus komputer. Pembatasan 1 GB bukan merupakan halangan yang berarti karena tidak banyak data yang berukuran hingga sebesar itu.

LihatTutupKomentar

5 Komentar

Cancel