-->

Microsoft Luncurkan Windows 10, Bukan Windows 9

Microsoft membuat sedikit kejutan ketika memperkenalkan Windows versi berikutnya. Microsoft secara resmi telah mengumumkan bahwa penerus Windows 8.1 bukanlah Windows 9, melainkan Windows 10. Dilewatkannya angka 9 oleh Microsoft bukanlah tanpa alasan. Meskipun tidak ada penjelasan pasti dari Microsoft mengenai lompatan penamaan itu, namun seorang mantan developer Microsoft yang dikutip oleh Gizmodo menjelaskan bahwa pemilihan nama tersebut disebabkan oleh sebuah "kesalahan" sederhana.

Ilustrasi Windows 10 - 1

Sang developer menjelaskan bahwa sebuah aplikasi mendeteksi versi Windows yang dipakai pengguna dengan cara melihat angka pertama dari nama sistem operasi yang bersangkutan. Menurut dia, potongan kode yang digunakan untuk mengidentifikasi versi Windows adalah:
if(version.StartsWith("Windows 9"))
{ /*95 and 98 */
} else {

Dengan kata lain, jika nama versi yang tertulis adalah "Windows 9", maka aplikasi akan beranggapan bahwa versi Windows yang dijalankan oleh pengguna adalah "Windows 95" atau "Windows 98" yang sudah berumur belasan tahun. Bila nama "Windows 9" tetap dipakai akan "berbahaya" alias berpotensi menimbulkan kendala kompatibilitas. Solusi praktisnya adalah dengan melompati nama Windows 9 yang menjadi masalah dan langsung menggunakan embel-embel angka 10.

Entah apa yang menjadi akar persoalan. Bisa jadi para pengembang Windows 95/98 dulu tak berpikir panjang bahwa bakal ada versi Windows lain yang memakai awalan angka "9".

Microsoft sendiri menyebut, sengaja melangkahi penamaan Windows 9 karena adanya perubahan besar-besaran yang mereka lakukan, tidak sekadar pembaruan minor. "Kami ingin pengguna Windows 7 merasakan bahwa selama ini mereka mengemudikan Prius generasi pertama, dan Windows 10 itu bagaikan Tesla," ujar Joe Belfiore, Corporate Vice President, Operating Systems Group, Microsoft.

Paling Komprehensif
Terlepas dari cara penamaan tersebut, Microsoft menyebut Windows 10 sebagai "platform paling komprehensif" karena sistem itu akan tersedia untuk berbagai perangkat, mobile dan desktop.

Developer pun akan bisa membuat aplikasi di atas Windows 10 yang sifatnya universal, alias bisa berjalan di semua platform, baik mobile maupun desktop.

Menyasar Pengguna Windows 7
Microsoft tampaknya mencoba mengulang kisah sukses WIndows 7 dan "melupakan" Windows 8. Karena, yang diincar oleh Windows 10 memang menggiring pengguna Windows 7 ke Windows 10.

Pada Windows 10, layar "Metro" dan menu Start telah digabungkan, sehingga tidak lagi tampil dalam layar besar yang membuat pengguna Windows 7 kurang nyaman saat beralih ke Windows 8.
Ilustrasi Windows 10 - 2
Sumber : Softpedia
Pada Windows versi terbaru ini juga tidak ada lagi dualisme apps klasik dan modern. jadi, pengguna yang terbiasa dengan keyboard dan mouse akan tetap merasakan interface yang familiar seperti Windows 7. Meski demikian, tampilan layar penuh untuk pengguna layar sentuh seperti yang sekarang ada di Windows 8 tetap ada. Tampilan ini hadir dalam modus khusus bernama Continuum.

Windows 10 akan diluncurkan untuk umum pada akhir 2015. Program tinjauan awal (developer preview) bagi pengguna, bernama "Insider Program", akan digelar awal Oktober ini.

Diadaptasi dari tekno.kompas.com

LihatTutupKomentar

12 Komentar

Cancel