-->

Belajar Joomla

Hampir 2 bulan saya tidak beraktivitas dengan blog saya. Beberapa kesibukan menjelang akhir tahun 2014 mengharuskan saya untuk fokus dengan pekerjaan. Satu hal paling berharga di bulan Desember tahun lalu adalah saya diberi kepercayaan untuk belajar membuat website sekolah tempat saya bekerja. Awalnya saya ragu karena saya belum berpengalaman dengan urusan itu. Namun karena pihak sekolah tidak menuntut lebih dengan proyek website yang harus saya kerjakan, akhirnya saya menyetujuinya.

Untuk membuat website penuh dengan coding HTML, php, java, dan sejenisnya, jelas saya tidak mampu. Maka pilihan yang paling tepat adalah menggunakan Content Management System (CMS). Beberapa CMS populer seperti Joomla!, Drupal, dan Wordpress sempat saya jadikan bahan eksperimen. Semuanya saya awali dari nol. Meskipun saya pernah menulis perbandingan Antara Drupal, Joomla dan WordPress namun itu hanya sebatas pengetahuan saja. Saya belum mempelajari keseluruhan secara mendalam.

Dari beberapa percobaan yang saya lakukan, akhirnya saya memilih Joomla. Pilihan tersebut bukan tanpa alasan. Berdasar pengalaman saya, Joomla lebih mudah digunakan, tampilan yang sederhana namun menarik, didukung oleh ribuan ekstensi, dan yang paling menarik, Joomla bisa di kustomisasi secara lebih luas untuk menghasilkan website yang powerful.

Keunggulan lainnya, Joomla juga bisa digunakan dengan format blog, sehingga penggunanya bisa memiliki website dipadukan sekaligus dengan blog. Tergantung bagaimana minat dan keinginan pengguna.

Belajar Joomla

Setelah beberapa hari mempelajari Joomla secara offline, akhirnya website SMA Negeri 1 Rembang di www.sman1rembang-purbalingga.sch.id bisa mengudara. Awalnya ingin saya kerjakan secara mandalam namun karena tuntutan deadline agar maksimal akhir tahun sudah online maka website tersebut saya aktifkan apa adanya. Setelah aktif, selanjutnya adalah membenahi struktur website, mengelola konten dan meningkatkan SEO.

Bagi rekan-rekan Blogger yang sudah mahir ataupun yang sedang belajar CMS Joomla, mari kita saling belajar dan berbagi pengalaman.

LihatTutupKomentar

9 Komentar

Cancel